Langsung ke konten utama
Komunikasi Verbal



Komunikasi verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan cara tertulis atau dengan cara lisan.
Definisi komunikasi verbal yang lainnya adalah suatu jenis dari kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi yang dilakukan seseorang kepada orang lain, baik itu disampaikannya secara lisan maupun secara tulisan.
Adapun arti yang lainnya dari komunikasi verbal yaitu sebuah proses penyampaian pikiran, pesan ataupun perasaan seseorang kepada orang lain dengan memakai simbol-simbol yang menggunakan satu kata ataupun lebih sebagai medianya, dan media yang umumnya digunakan yaitu bahasa, karena bahasa dapat menerjemahkan pikiran seseorang kepada orang lain.
Komunikasi verbal yang melalui lisan bisa di sampaikan kepada penerima informasi dengan menggunakan media, seperti contohnya menyampaikan informasi melalui telepon. Dan komunikasi verbal yang melalui tulisan dilakukan secara tidak langsung antara yang menyampaikan informasi (komunikator) dan penerima informasi (komunikan), misal komunikasinya yang dilakukan dengan menggunakan media seperti surat-menyurat

Prakteknya, komunikasi verbal bisa dilakukan dengan cara :
a) Berbicara dan menulis.
Umumnya untuk menyampaikan, orang cenderung lebih menyukai speaking (berbicara) ketimbang (writing ). Selain karena praktis, speaking dianggap lebih mudah “menyentuh” sasaran karena langsung didengar komunikan. Namun bukan berarti pesan tertulis tidak penting. Untuk menyampaikan pesan bisnis yang panjang dan memerlukan pemahaman dan pengkajian matang, diperlukan pula penyampaian writing. Semisal penyampaian bussines report. Sangat tidak mungkin jika hanya disampaikan dengan berbicara.
b) Mendengarkan dan membaca.
Kenyataan menunjukkan, pelaku bisnis lebih sering mendapatkan informasi ketimbang menyampaikan informasi. Dan aktivitas penerimaan informasi.pesan bisnis ini dilakukan lewat proses (listening) mendengarkan dan membaca (reading). Sayangnya, kenyataan juga menunjukkan, masih banyak di antara kalangan bisnis yang tidak memiliki kemampuan dan kemauan memadai untuk melakukan proses reading dan listening ini. Sehingga pesan penting sering hanya berlalu begitu saja, dan hanya sebagian kecil yang tercerna dengan baik.

Jenis - Jenis komunikasi verbal :
 
- Verbal vokal
Contohnya dalam perkotaan polisi yang sedang menilang, Kenek angkutan umum

- Verbal non vokal
Contohnya dalam perkotaan spanduk, banner




Komunikasi Non Verbal







Komunikasi non verbal adalah kebalikan dari komunikasi verbal yaitu suatu proses dari komunikasi yang dimana penyampaian informasi atau pesannya tidak memakai kata-kata komunikasi ini sering disebut juga dengan bahasa isyarat. Bentuk dari komunikasi nonverbal ini memakai gerakan seperti misalnya: bahasa tubuh, ekspresi wajah, dengan kontak mata dan lain sebagainya.
Atau definisi komunikasi non verbal yang lainnya yaitu satu cara penyampaian pesan atau informasi kepada orang lain tanpa menggunakan ucapan atau kata-kata, akan tetapi caranya menggunakan gerakan atau isyarat.
Di dalam kehidupan komunikasi non verbal lebih banyak digunakan daripada komunikasi verbal, di dalam berkomunikasi hampir secara otomatis komunikasi ini ikut di gunakan. Sebab komunikasi non verbal sifatnya tetap dan selalu ada. Komunikasi non verbal terbilang lebih jujur dalam mengungkapkan hal-hal yang akan di ungkapkan karena komunikasi ini spontan.
Komunikais non verbal ( non verbal communicarion) menempati porsi penting. Banyak komunikasi verbal tidak efektif hanya karena komunikatornya tidak menggunakan komunikasi non verbal dengan baik dalam waktu bersamaan. Melalui komunikasi non verbal, orang bisa mengambil suatu kesimpulan mengenai suatu kesimpulan tentang berbagai macam persaan orang, baik rasa senang, benci, cinta, kangen dan berbagai macam perasaan lainnya. Kaitannya dengan dunia bisnis, komunikasi non verbal bisa membantu komunikator untuk lebih memperkuat pesan yang disampaikan sekaligus memahami reaksi komunikan saat menerima pesan.
Bentuk komunikasi non verbal sendiri di antaranya adalah, bahasa isyarat, ekspresi wajah, sandi, symbol-simbol, pakaian sergam, warna dan intonasi suara.


Tujuan komunikais non verbal :
a) Menyediakan/memberikan informasi
b) Mengatur alur suatu percakapan
c) Mengekspresikan suatu emosi
d) Memberi sifat, melengkapi, menentang atau mengembangkankan pesan-pesan verbal.
e) Mengendalikan atau mempersuasi orang lain
f) Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam mengajar seseorang untuk melakukan serve badminton, belajar golf dan sejenisnya.

Relevansi komunikasi non verbal dalam dunia bisnis, komunikasi non verbal yang disampaikan dengan baik akan mampu membantu seseorang meningkatkan kredibilitas dan potensi leadeship, selain tentunya akan mempermudah proses penyampaian pesan inti kepada komunikan.



Jenis - Jenis Komunikasi Non Verbal:

- Non Verbal Vokal
Contoh dalam perkotaan bunyi pada palang pintu kereta api, sirine ambulance

- Non Verbal Non Vokal
Contoh dalam perkotaan rambu lalulintas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komunikasi

Pengertian komunikasi menurut para ahli dan sumbernya  1. Suatu bentuk interaksi manusia yang bisa mempengaruhi manusia lainnya satu sama lain yang dilakukan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal saja, namun juga bisa lewat bentuk ekspresi muka, seni, lukisan dan teknologi. ( Shannon & Weaver dalam buku The Mathematical Theory of Communication : 1949 ) 2. Komunikasi disebut juga teori FIRO-B (fundamental interpersonal Relation Orientation Behavior) dan dikemukakam oleh Schuthz (1958). Inti dari teori ini adalah kebutuhan dasar hubungan antara individu dan individu lainnya yaitu seperti : (1) inklusi, (2) kontrol, (3) afeksi. ( sumber: Sarwono, Sarlito Wirawan.2005. Teori Hubungan Pribadi. Jakarta. PT Balai Pustaka) 3. Menurut Carl L Hovland dalam buku ilmu komunikasi (Deddy Mulyana, 2005 : 62), Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan untuk ...
  Pengertian Miskomunikasi menurut para ahli dan sumbernya   1. Mis komunikasi/Miss Communication (terjadinya kesalahan dalam salah satu proses komunikasi) akan menyebabkan tidak tercapainya tujuan atau misi yang hendak di capai.Salah satu contoh dari mis komunikasi adalah saat kita sedang berbicara dengan seorang teman tentang suatu topik, tapi ternyata teman kita memberi respon tentang topik yang lain yang akhirnya malah membuat kita bingung sendiri apa sebenarnya yang sedang kita bicarakan. Hal itu disebabkan karna terjadinya mis komunikasi antara kita dan teman yang kita ajak bicara. Untuk itu penyampaian yang jelas mengenai suatu pembicaraan sangat diperlukan dalam penyampaian informasi agar dapat sampai ketujuan dengan efisien guna mendapat tanggapan yang tepat.Untuk mencegah terjadinya mis komunikasi kita harus pandai menggunakan bahasa yang kiranya dapat dimengerti oleh penerima informasi. Serta penyampaian informasi juga harus jelas agar tidak membingungkan si pe...
Pengertian komunikasi menurut kelompok kami 1. Komunikasi adalah kegiatan antara dua manusia atau lebih yang bertujuan untuk menukar informasi ( ide /  pesan) yang bisa dimengerti oleh lawan bicaranya. ( Nadya Zahrotin Nisa 242017060) 2. Komunikasi adalah suatu aktifitas untuk memberi dan menerima informasi yang bersifat non-sekuensial, bersinambungan, dinamis, dan transaksional. ( Nenden Saftariani 242017066) 3. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari individu ke individu, individu ke kelompok, kelompok ke kelompok. ( Sapta Nursakti Prasetyo 242017051 ) 4. Komunikasi adalah suatu kebutuhan pokok makhluk hidup untuk saling berinteraksi antar sesama memalui media apapun. ( Farhan Destriawan 242017072)